Senin, 10 September 2012

POLA HIDUP SEHAT

 
yap mungkin memang benar bahwa sehat itu mahal. gimana mau ga mahal kalo biaya berobat demi sembuh dari penyakit adalah mahal apalagi di era yang serba moderen seperti sekarang. kedokteran uda serba canggih. atau mugnkin untuk orang yang lebih suka dengan pengobatan tradisional atau alternatif, memang lebih murah atau hampir setara tapi hasilnya bertahap tidak instan seperti hasil pengobatan medis.

saya bisa bilang begini karena saya mengalami sendiri. yang namanya sakit uda hampir sering sejak kecil. tapi orang tua saya lebih memilih untuk jalur medis jadi badan saya uda kebal dan terbiasa dengan obat-obatan kimia. memang hasilnya cepat tapi dampak ke depannya adalah badan daya banyak mengandung zat kimia dari obatan jika tidak bisa dicerna maksimal dan mungkin berdampak pada rendahnya imunitas badan saya sehingga mudah terserang penyakit atau ringkih.

tapi setelah saya dewasa ini, saya berhak memilih pengobatan mana yang lebih aman dan nyaman bagi saya. saya memilih pengobatan tradisional. awalnya saat terserang penyakit dan berbagai gejala saya peroleh maka saya akan pergi berobata ke dokter terlebih dulu. setelah tau penyakitnya jika memang tidak parah dan masih bisa diobati secara bertahap tau tidak urgent maka saya akan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang saya dapat dari berbagai sumber dan rekomendasi orang lain. namun beda jika penyakit tersebut berbahaya atau urgent dan hanya ada jalur medis yang dapat menolong mungkin saya akan menerima hal tersebut.

dan dengan hal ini pula bahwa benar jangan pernah menyepelekan berbagai macam penyakit walau itu penyakit ringan karena ternyata gejala penyakit ringan adalah bisa jadi merupakan gejala penyakit yang berbahaya. Peduli terhadap tanda-tanda atau gejala awal kemunculan sebuah penyakit. Penanganan sedini mungkin lebih baik karena dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi.


 

saya bisa menulis seperti ini karena saya mengalami sendiri di usia saya yang 22 tahun ini. dan benar bahwa jangan pernah menyepelekan pola hidup sehat. mungkin orang menganggap hanya orang yang idealis saja yang bisa hidup dengan pola sehat tapi ternyata pola hidup sehat sangat penting bagi semua kalangan masyarakat dan justru kebih murah daripada kita harus mengeluarkan biaya untuk berobat. lebih baik mencegah daripada mengobati. betul kan?!

 


harus memperhatikan jam tidur atau istirahat cukup jadi begadang dan bangun siang adalah tidak baik untuk kesehatan, olahraga sangat diperlukan tubuh untuk melenturkan kerja sel-sel dan membuang zat yang tidak dibutuhkan tubuh, makanan yang dikonsumsi disesuaikan dengan kebutuhan dan usia, kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh makanan sehat dan alami serta terjamin, porsia makanan diseimbangan denga jadwal kegiatan yang dimiliki, cek kesehatan dan berat badan,suka  merokok atau minuman keras dan junkfood serta tidak suka buah dan sayuran.

 

Konsep SEHAT dan SAKIT serta CARA penyembuhannya menurut DR. Amarullah H. Siregar DiHOM. DNMed. MA. Msc. Phd. Menurutnya Penyakit tidak cukup DIOBATI tetapi juga harus DISEMBUHKAN, ada perbedaan antara MENGOBATI dan MENYEMBUHKAN. Konsep sehat dan sakit berawal dari INTI sel, oleh karena itu ada satu cara menyembuhkan yaitu memperbaiki Inti sel yang rusak, dan ini berlaku untuk semua kasus penyakit.

 

dan yang terpenting adalah pola pikir hidup kita dan emosi misal negatif thinking, terlalu cemas, mudah marah, jengkel, suka memendam, tidak easy going, terlalu memikirkan secara berlebihan, memikirkan hal yang berat, tidak santai, kurang refreshing suntuk dan stres. hal tersebut dapat terbawa oleh tubuh dan direspon jika hal tersebut terjadi terus-menerus maka akan menjadi penyakit. memang hal itu tidak disadari tapi bahwa benar kata orang jika sakit itu juga berasal dari pikiran. dan sejali lagi saya mengalami hal ini.

 

semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda yang sedang bingung dalam mengatasi penyakitnya atau ingin pola hidup sehat. silakan jika ada saran atau komentar yang medukung tulisan saya ini. dan jangan lupa bahwa SEHAT adalah ANUGRAH dan SAKIT adalah INTROSPEKSI DIRI. dan jika kita telah menjalani pola hidup sehata maka jangan berlebihan dalam pola hidup sehat atau perfeksionis yang penting adalah hidup secara seimbang dan sayangi tubuh anda.
terima kasih untuk para pembaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar